Faktor-faktor yang
dapat memunculkan ide usaha produk kerajinan adalah sebagai berikut.
1) Faktor internal
Faktor internal
menjadi alat untuk menciptakan sebuah inspirasi atas objek yang dihadapi dengan
kemampuan kreativitasnya. Faktor internal ialah faktor yang berasal dari dalam
diri seseorang sebagai subjek/pengusaha, antara lain:
a) pengetahuan yang
dimiliki,
b) pengalaman dari
individu itu sendiri,
c) pengalaman saat
ia melihat orang lain menyelesaikan masalah,
d) intuisi yang
merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri.
2) Faktor eksternal
Faktor eksternal
ialah hal - hal yang dihadapi seseorang dan merupakan objek untuk mendapatkan
sebuah inspirasi
usaha, antara lain:
a) masalah yang
dihadapi dan belum terpecahkan,
b) kesulitan yang
dihadapi sehari–hari,
c) kebutuhan yang
belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain,
d) pemikiran besar
untuk menciptakan sesuatu yang baru.
Untuk merintis
suatu usaha produk kerajinan dengan baik, wirausahawan tentunya harus melihat
prospek usaha jangka pendek, menengah, dan panjang. Selanjutnya, untuk memulai
usaha produk kerajinan, wirausahawan harus mengetahui bagaimana prospek usaha
ini. Setelah mengetahui prospek usaha, barulah dia membuat rencana usaha,
mempersiapkan sarana dan prasarana, serta modal usaha.