Faktor-faktor
pendukung keberhasilan usaha adalah sebagai berikut.
1) Faktor Manusia
Faktor manusia
merupakan faktor yang utama dalam pencapaian keberhasilan usaha karena manusia
yang mempunyai ide dan rencana usaha, manusia juga yang akan mewujudkannya. Di
sini diperlukan manusia yang beretos kerja tinggi, rajin, optimis, dan pantang
menyerah.
2) Faktor Keuangan
Faktor keuangan
merupakan faktor penunjang keberhasilan usaha. Faktor tersebut digunakan untuk
modal usaha serta pemenuhan segala pengeluaran untuk kepentingan operasi produksi
seperti pembelian bahan baku, bahan pembantu, gaji pegawai, promosi, dan biaya
distribusi. Dalam hal ini, diperlukan disiplin yang ketat dalam penggunaan dana
sehingga segala kegiatan keuangan harus dicatat dan dibukukan secara rapi,
teliti, dan terus - menerus.
3) Faktor Organisasi
Dengan adanya
faktor organisasi, sumber daya akan masuk pada suatu pola sehingga orang-orang
akan dapat bekerja dengan efektif dan efisien sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing
untuk mencapai tujuan organisasi.
Dengan adanya
organisasi, berarti seorang wirausaha dapat:
a) mempertegas
hubungan dengan para karyawan,
b) menciptakan
hubungan antarkaryawan,
c) mengetahui tugas
yang akan dijalankan,
d) mengetahui
kepada siapa karyawan harus bertanggung jawab.
4) Faktor Perencanaan
Perencanaan usaha
dapat digunakan sebagai alat pengawas dan pengendalian usaha. Oleh karena itu,
perencanaan
harus dibuat oleh
wirausaha sejak usahanya didirikan, yaitu dimulai dari:
a) merencanakan
produk apa yang akan dibuat,
b) memperhitungkan
jumlah dana yang diperlukan,
c) merencanakan
jumlah produk yang akan dibuat,
d) merencanakan
tempat pemasaran produk.
5) Faktor Mengatur Usaha
Dalam kaitannya dengan
kegiatan mengatur usaha, yang perlu dilakukan oleh seorang wirausaha adalah
sebagai
berikut :
a) menyusun uraian
tugas pokok untuk menjalankan usahanya,
b) menyusun
struktur organisasi usaha,
c) memperkirakan
tenaga kerja yang dibutuhkan,
d) menetapkan balas
jasa dan insentif,
e) membuat jadwal
usaha,
f) mengatur
mesin-mesin produksi,
g) mengatur tata
laksana usaha,
h) menata
barang-barang,
i) menata
administrasi usaha,
j) mengawasi usaha
dan pengendaliannya.
6) Faktor Pemasaran
Faktor pemasaran
produk perusahaan dapat ditinjau berikut ini:
a) daya serap pasar
dan prospeknya,
b) kondisi
pemasaran dan prospeknya,
c) program
pemasarannya.
7) Faktor Administrasi
Untuk menunjang
kelancaran kegiatannya, sebaiknya seorang wirausaha mempunyai catatan yang rapi
mengenai kegiatan dan kejadian yang terjadi setiap harinya. Catatan tersebut
dibuat secara kronologis dan kemudian didokumentasikan.